RENUNGAN WARTA GEREJA GKJ KLATEN MINGGU, 13 AGUSTUS 2023

DISELAMATKAN KARENA PERCAYA

(Matius 14:28-30) 28  Lalu Petrus berseru dan menjawab Dia: “Tuhan, apabila Engkau itu, suruhlah aku datang kepada-Mu berjalan di atas air.”29  Kata Yesus: “Datanglah!” Maka Petrus turun dari perahu dan berjalan di atas air mendapatkan Yesus.30  Tetapi ketika dirasanya tiupan angin, takutlah ia dan mulai tenggelam lalu berteriak: “Tuhan, tolonglah aku!”.

“ Salam Sejahtera dan Kasih Karunia dari T“ Salam Damai Sejahtera dari Tuhan Yesus bagi saudara sekalian …”uhan Yesus Kristus ada pada saudara sekalian “

Sangat menarik kisah perjumpaan Tuhan Yesus dengan para murid-murudNya yang dikisah didalam perikop bacaan minggu ini. Yaitu peristiwa dimana Petrus ingin menghampiri datang kepada Tuhan Yesus dari atas perahu yang masih berada di perairan pantai, sementara Tuhan Yesus berada di tidak jauh dari perahu mereka dan sedang berjalan diatas permukaan air. Petrus dengan tegas berseru : “Tuhan, apabila Engkau itu, suruhlah aku datang kepada-Mu berjalan di atas air.” hal ini di serukan Petrus, karena sempat terjadi kebimbangan diantara para murid yang melihat Yesus berjalan diatas air tersebut; apakah ini Yesus ataukah ini hantu ?

Dari seruan Petrus, Tuhan Yesus menanggipi dengan mempersilahkan petrus turun dari dalam perahu itu dan berjalan diatas air menghampiri Yesus. Namun apa yang terjadi, beberaoa langkah Petrus berjalan diatas air lalu terjadilah kebimbangan yang luar bisa, maka oleh gelora air yang ada Petrus merasa takut terombang-ambing diatas aiar; lalu iapun terperosok tenggelam karena diliputu rasa takut dan kuwatir. Disaat Petrus dengan sepenuhnya percaya, ia bisa berjalan menapaki permukaan air; tetapi disaat mulai muncul rasa takut maka kakinya tidak bisa melangkah dengan selamat, namun malah terperosok ktenggelam kedalam danau. Diselamatkan perjalananmu, kalau kamu selalu percaya. Menjadi pesan yang mengajak kita selalu percaya kepada Tuhan, baik dalam situasai aman dan nyaman saudara harus percaya kepada Tuhan Yesus; demikian pula sekalipun dalam keadaan tegang kita juga tetap juga harus percaya. Keselamatan dari Tuhan hanya akan datang tatkala kita semua percaya; bahwa Tuhan Yesus adalah juruselamat penolong sejati hidup kita, Tuhan Yesus perlindungan dan sumber kekuatan. Yang kesemuanya menegaskan umat manusia bahwa Tuhan Yesus akan menyelamatkan semua orang yang percaya kepadaNya.

Jagalah rasa percaya saudara kepada Tuhan Yesus, jangan ada sedikitpun kesempatan bagi roh keragu-raguan menghinggapi hati saudara. Percaya tanpa mempertimbangkan perkataan orang lain, menutup telinga dari berbagai kecaman, maju sekalipun bertemu hambatan, serta yakin akan selalu disediakan jalan keluar bagi semua umatnya. Percaya saudara akan mendatangkan keselamatan. Amien.