RENUNGAN WARTA GEREJA GKJ KLATEN MINGGU, 01 OKTOBER 2023

KELUARGA YANG MENELADANI KRISTUS

(Filipi 2:5-7) 5  Hendaklah kamu dalam hidupmu bersama, menaruh pikiran dan perasaan yang terdapat juga dalam Kristus Yesus,6  yang walaupun dalam rupa Allah, tidak menganggap kesetaraan dengan Allah itu sebagai milik yang harus dipertahankan,7  melainkan telah mengosongkan diri-Nya sendiri, dan mengambil rupa seorang hamba, dan menjadi sama dengan manusia.

“ Salam Sejahtera dan Damai Kasih Karunia dari Tuhan Yesus ada pada saudara sekalian…”

              KELUARGA…terutama Keluarga Kristen, ada dan hidup di tengah arus zaman; maka keluarga Kristen itu hadir bukan sekedar sama dengan keberadaan keluarga-keluarga pada umumnya; karena keluarga Kristen itu dibentuk dan dilahirkan dengan melibatkan Kuasa TUHAN bahkan diikat dalam sebuah janji kudus pernikahan: tidak akan berpisah, saling setia, taat kepada Tuhan melalui FirmanNya, dan hanya maut saja yang akan memisahkan; janji ini diikat Dalam Nama Allah Bapa, Putera dan Roh Kudus.

              Saudara jika demikian apa yang membuat keberadaan keluarga Kristen itu berbeda ? tentu bukan sekedar karena alasan dasar diatas, namun perwujudan nyata dari keberadaan keluarga Kristen yang berdiri dan lahirnya dari suatu perikatan perjanjian yang melibatkan hadirNya TUHAN di dalam keluarga tersebut. Penerapan kedalam perasaan, pikiran, dan tingkah laku dari hasil penghayatan dan penghormatan mendalam terhadap lahirnya pernikahan Kristen ini jauh lebih penting. Bahkan jika ini saudara terapkan akan membuat hidup keluarga Kristen di muka bumi akan meneladani dan semakin serupa dengan hidup Tuhan Yesus.  Di dalam surat Filipi 2:1-3: 1 Jadi karena dalam Kristus ada nasihat, ada penghiburan kasih, ada persekutuan Roh, ada kasih mesra dan belas kasihan, 2  karena itu sempurnakanlah sukacitaku dengan ini: hendaklah kamu sehati sepikir, dalam satu kasih, satu jiwa, satu tujuan,3  dengan tidak mencari kepentingan sendiri atau puji-pujian yang sia-sia. Sebaliknya hendaklah dengan rendah hati yang seorang menganggap yang lain lebih utama dari pada dirinya sendiri; menyatakan dengan jelas bentuk sikap dan perilaku yang akan muncul ketika kita meneladani dan hidup serupa dengan Yesus Kristus; yaitu ada kesatuan, kasih, sehati-sepikir, rendah hati, tidak egois mementingkan diri sendiri. Jika sikap dan perilaku ini ada disetiap anggota keluarga kita; maka keluarga saudara akan menjadi keluarga yang berbeda dengan keluarga pada umumnya. Jaga dan terus dihidupi bersama  dalam sikap, pikiran, dan hati dari seluruh anggota keluarga saudara, semua watak yang ada di dalam Yesus Kristus ini.

              Jadikan sebagai gaya hidup saudara dan seluruh keluarga, yaitu kemauan dan sikap  meneladani Yesus Kristus ini sebagai suatu pilihan gaya hidup sehari-hari saudara. Warnai keluarga saudara dengan watak yang serupa dengan watak Tuhan Yesus: Saling mengasihi, tidak memetingkan diri sendiri, satu hati, roh, dan jiwa. Menaruh semua watak Kristus ini sepenuhnya di dalam hidup seluruh anggota keluarga saudara masing-masing. Kedamaian dan sukacita hidup keluarga akan hadir dan menjadi warna yang kuat memenuhi ruang keluarga saudara sekalain. Selamat memasuki penghayatan Bulan Keluarga tahun 2023.  Tuhan Yesus memberkati. Amien.