RENUNGAN WARTA GEREJA GKJ KLATEN MINGGU, 08 OKTOBER 2023

KELUARGA YANG HIDUP DALAM KEBENARAN TUHAN

(Filipi 1:7,8) “ 7  Tetapi apa yang dahulu merupakan keuntungan bagiku, sekarang kuanggap rugi karena Kristus. 8  Malahan segala sesuatu kuanggap rugi, karena pengenalan akan Kristus Yesus, Tuhanku, lebih mulia dari pada semuanya. Oleh karena Dialah aku telah melepaskan semuanya itu dan menganggapnya sampah, supaya aku memperoleh Kristus,…”

“ Salam sejahtera, Kasih Karunia dan Damai dari Tuhan Yesus ada pada saudara sekalian…Amien.”

Minggu ke-dua penghayatan terhadap hidup keluarga Kristen ditengah Gereja dan dunia, akan kita hayati dengan memperhatikan pesan Firman Tuhan yang kita renungkan dalam Ibadah Minggu ini. Keluarga Kristen sebagai keluarga yang berdiri sebagai milik kepunyaan TUHAN dan berjalan menjadi mitra TUHAN dalam berkarya di dunia ini. Karya TUHAN wajib kita wujudkan, bahkan keluarga itu sebagai pusat karyaNya.

Bagaimana apakah keluarga Kristen pada masa kini masih menggenapi peran ini dalam  kesehariannya ? Memang supaya keluarga Kristen itu bisa selalu memenuhi panggilan sebagai miitra TUHAN berkarya di dunia ini tidaklah terjadi secara otomatis; namun perlu usaha sadar bahkan disertai komitmen yang besar dari pribadi masing-masing pihak anggota keluarga tersebut. Berkomitmen supaya bisa berperan sebagai mitra TUHAN, dinasehatkan Paulus kepada jemaat di Filipi, yaitu dengan cara menempatkan Yesus Krsitus itu sebagai pusat iman dan harta termahal dalam kehidupan. Tuhan Yesus bukan hanya sebagai pribadi yang di tempatkan terhormat didalam ruang iman kita; namun diletakkan sebagai pusat pencapaian hidup iman kita kepada TUHAN. Segala sesuatu di luar Tuhan Yesus berupa kekayaan, ilmu pengetahuan, jabatan, dsj dipandang sebagai hal-hal yang tidak utama, bahkan dianggap sampah bahkan sumber kerugian jika dibandingkan dengan pusat capaian utama yaitu hidup semakin serupa dengan Yesus. Keluarga menjadi tempat menanamkan dan mewujudkan nilai-nilai kebenaran Firman Tuhan, semua anggota keluarga memiliki rasa dan menilai bahwa hidup benar berdasar kebenaran firman Tuhan itu adalah mutlak yang diushakan dan dikejar dengan antusias. Ketika mencapai standart hidup sesuai dengan kebenaran Firman Tuhan, setiap pribadi keluarga merasakan seperti mendapatkan harta yang sangat berharga; melebihi kekayaan dunia, bahkan menempatkan kebenaran Firman itu sebagai yang paling berharga. ( Fil 3:7,8).

Tiba waktunya kita menoleh atas keluarga kita masing-masing, apakah yang ditempatkan paling berharga dan terhormat di dalam kehidupan keluarga kita; apakah kekayaan, ilmu pengetahuan, prestasi karier dan jabatan ? Atau sudahkan hidup menemukan kebenaran Firman Tuhan dan menjalaninya serta menjadi semakin serupa dengan Yesus menjadi capaian tertinggi bagi pribadi dan anggota keluarga kita ? Bukalah ruang keluarga saudara sekalian menjadi tempat menghidupi kebenaran TUHAN. Kelurga saudara akan semakin serupa dengan Yesus: penuh kasih, kelemah lembutan, pengampunan, dan hidup dengan kekudusan. Inilah capain hidup terbesar, mulia, dan berharga. Sampai saudara merasakan bahwa hidup benar nilainya melampaui segala harta dunia. Mari menanamkan nilai-nilai kebenaran Firman Tuhan di tengah keluarga. Amien. 

==SP==